Kamis, 17 Juli 2008

INFOCOM NETWORK

Riset dan inovasi teknologi telekomunikasi dikembangkan terus-menerus dengan didorong oleh kebutuhan untuk mewujudkan jaringan informasi yang memiliki sifat-sifat berikut:

  • Menyediakan layanan yang beraneka ragam bentuk dan karakternya

  • Memiliki kapasitas tinggi sesuai kebutuhan yang berkembang

  • Mudah diakses dari mana saja, kapan saja

  • Terjangkau harganya

Secara teknis, kebutuhan ini diterjemahkan menjadi sebuah network yang memenuhi karakteristik berikut:

  • Broadband: mampu menyediakan kapasitas tinggi sesuai kebutuhan

  • Paket: mampu memberikan efisiensi tinggi

  • Skalabilitas: memberikan aspek ekonomi yang menguntungkan dalam pengembangan

  • Diferensiasi: menyediakan beragam alternatif dalam sebuah sistem

  • Mobile: mempertinggi daya akses bagi pemakai

Di akhir abad ke-20, industri telekomunikasi mengimplementasikan teknologi broadband dalam bentuk rangkaian ATM di atas SDH di atas WDM. ATM telah memiliki mekanisme pemeliharaan QoS, dan memungkinkan diferensiasi layanan dalam sebuah network.

Kelemahan ATM adalah pada masalah skalabilitas yang mengakibatkan perlunya investasi tinggi untuk implementasinya. Di lain pihak, teknologi Internet yang berbasis pada IP berkembang lebih cepat. IP saat ini telah menjadi standar de facto untuk sistem komunikasi data secara global. IP sangat baik dari segi skalabilitas, yang membuat teknologi Internet menjadi cukup murah. Namun IP memiliki kelemahan cukup serius pada implementasi QoS.

Berbagai cara telah dilakukan untuk memperbaiki karakteristik broadband network. Beberapa metode telah dikembangkan untuk mengimplementasikan QoS ke dalam jaringan IP. Metode-metode IP over ATM, misalnya, telah diajukan untuk membentuk broadband network yang sekaligus memiliki skalabilitas dan QoS yang baik. Di luar ATM sendiri, ada dikembangkan beberapa metode untuk memperbaiki kinerja jaringan IP, termasuk dengan teknologi MPLS.

MPLS merupakan salah satu bentuk konvergensi vertikal dalam topologi jaringan. MPLS menjanjikan banyak harapan untuk peningkatan performansi jaringan paket tanpa harus menjadi rumit seperti ATM. Metode MPLS membangkitkan gagasan untuk mengubah paradigma routing di layer-layer jaringan yang ada selama ini, dan mengkonvergensikannya ke dalam sebuah metode, yang dinamai GMPLS. GMPLS melakukan forwarding data menggunakan VC tingkat rendah dan tingkat tinggi di SDH, dan panjang-gelombang di WDM, dan serat-serat dalam FO; terpadu dengan routing di layer IP.

Posisioning MPLS


0 komentar: