Selasa, 15 Juli 2008

RSVP-2

Servis koneksi internet dan jaringan yang berkualitas siapa yang tidak mau, apalagi untuk berkomunikasi multimedia. Namun membuatnya diperlukan keahlian yang cukup tinggi karena harus menguasai berbagai aspek di dalamnya.

Jaringan komunikasi data terlebih lagi internet tentu tidak hanya menjalankan satu dua servis saja didalamnya. Mulai dari sekadar menyediakan game-game online sampai transaksi internet banking dan video dan multimedia converence mau tidak mau harus dilewatkan pada jalur internet jika ingin mobilitas dan fleksibilitasnya terjaga.

Servis-servis yang kritis tentu sangat penting untuk dijaga kualitasnya. Proses video converence tentu tidak akan mungkin disamakan kualitas dan jatah koneksinya dengan game online, begitu pula dengan servis-servis yang lainnya. Maka dari itu klasifikasi terhadap kualitas servis-servis ini cukup penting untuk diperhatikan jika ingin kenyamanan berinternet terjamin.

Selain itu, para penyedia jasa juga bisa memperbanyak produk-produk dagangannya dengan adanya permainan kualitas ini. Dengan produk dagangan yang banyak, bukan tidak mungkin semua segmen pasar dapat diisi dan dipenuhi oleh penyedia jasa tersebut. Misalnya kualitas koneksi internet yang biasa-biasa saja dan kurang terjamin performanya akan banyak diminati oleh perusahaan kecil menengah, sedangkan perusahaan kelas atas akan sangat membutuhkan kualitas koneksi yang benar-benar terjamin baik besarnya bandwidth maupun ketersediaannya. Jika penyedia jasa dapat membuat pengklasifikasian tersebut, maka semua segmen pasar dapat dikuasainya.

Teknologi QoS merupakan solusi dari semua kebutuhan di atas. Dengan QoS penggolongan ini menjadi sangat mungkin untuk dilakukan. Banyak yang akan didapat dari dibangunnya jaringan yang berkemampuan QoS. Produk-produk baru dapat tercipta, pelanggan-pelanggan yang ingin mendapat perlakuan khusus juga dapat dilayani, servis-servis yang kritis seperti komunikasi multimedia dapat dibedakan perlakuannya, dan banyak lagi manfaat dari dibentuknya jaringan dengan QoS.

Namun membuat jaringan yang berkemampuan QoS tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Berbagai aspek dan parameter sangat penting untuk diperhatikan. Mulai dari ketersediaan bandwidth untuk dialokasikan, uptime jaringan yang harus terjaga, perangkat jaringan yang berkekuatan prosesing yang pas, perangkat yang terbebas dari celah keamanan, dan banyak lagi aspek-aspek yang harus ada dalam mewujudkan jaringan dengan kemampuan QoS.

Setelah semua persyaratan dan kondisi untuk membuat jaringan QoS terpenuhi, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana menentukan model QoS yang ingin Anda buat, dengan teknik apa QoS tersebut dibuat, untuk servis apa QoS dibuat, dan banyak lagi segudang pertanyaan, karena kenyataannya membuat dan mengimplementasikan QoS tidaklah mudah.

Model QoS Apa Saja yang Banyak Beredar?
Dalam memberikan servis yang berkualitas, beberapa model QoS sering digunakan untuk itu. Model-model tersebut akan banyak menentukan bagaimana proses terciptanya sebuah
perbedaan servis dan kualitas. Berikut ini adalah beberapa model QoS yang banyak digunakan:

Best-Effort Model
Sesuai dengan namanya, model QoS Best-Effort merupakan model servis yang dihantarkan kepada penggunanya akan dilakukan sebisa mungkin dan sebaikbaiknya tanpa ada jaminan apa-apa. Jika ada sebuah data yang ingin dikirim, maka data tersebut akan di kirim segera begitu media perantaranya siap dan tersedia. Data yang dikirim juga tidak dibatasi, tidak diklasifikasikan, tidak perlu mendapatkan ijin dari perangkat manapun, tidak diberi policy, semuanya hanya berdasarkan siapa yang datang terlebih dahulu ke perangkat gateway.

Dengan kata lain model Best-Effort ini tidak memberikan jaminan apa-apa terhadap reliabilitas, performa, bandwidth, kelancaran data dalam jaringan, delay, dan banyak lagi parameter komunikasi data yang tidak dijamin. Data akan dihantarkan sebisa mungkin untuk sampai ke tujuannya. Jika hilang ditengah jalan atau tertunda dengan waktu yang cukup lama di dalam perjalanannya, maka tidak ada pihak maupun perangkat yang bertanggung jawab.

Model Best-Effort ini sangat cocok digunakan dalam jaringan dengan koneksi lokal (LAN) atau jaringan dengan koneksi WAN yang berkecepatan sangat tinggi. Model ini sangat tepat jika digunakan dalam jaringan yang melewatkan aplikasi dan data yang bermacam-macam dengan tingkat prioritas yang sama. Jadi semua aplikasi didalamnya memiliki kualitas yang sama. Contohnya misalnya penggunaan internet di rumah atau perkantoran yang digunakan untuk browsing, email, chatting, banyak aplikasi lain.

Jenis QoS ini tidak cocok digunakan untuk melayani aplikasi-aplikasi bisnis yang kritis dan penting, karea aplikasi tersebut biasanya membutuhkan perlakuan istimewa untuk dapat berjalan dengan baik.

Untuk membuat QoS model Best-Effort ini, biasanya antarmuka router atau perangkat jaringan berkemampuan QoS dikonfigurasi dengan menggunakan metode queing First In First Out (FIFO). Dengan begitu data yang masuk pertama kali akan keluar pertama kali juga, maka terciptalah servis model Best-Effort yang sangat adil dalam hal perlakuannya di perangkat QoS.

0 komentar: